Friday, March 23, 2012

MASALAH FISIKA YANG BELUM TERPECAHKAN

[ Tulisan ini diambil dari : http://casraeni.blogspot.com/2011/04/masalah-fisika-yang-belum-terpecahkan.html ]

1. SEPERTI APAKAH SIFAT CAHAYA...??
Dalam beberapa kondisi percobaan cahaya bersifat seperti gelombang dan dalam percobaan lain cahaya seperti partikel. Jadi yang manakah cahaya..?? Bukan keduanya. Partikel dan gelombang adalah model-model sederhana yang mendekati sifat cahaya. Cahaya sebenarnya bukanlah partikel atau gelombang. Cahaya adalah sesuatu yang lebih rumit dari pada yang bisa digambarkan oleh model-model sederhana itu.

2. SEPERTI APAKAH KEADAAN DI DALAM LUBANG HITAM...??
Lubang hitam adalah inti bintang raksasa yang masih runtuh setelah mengalami ledakan supernova. Lubang hitam begitu rapat, sehingga sinar yang bergerak sangat cepat pun tak bisa keluar. Karena sifat lubang hitam sangat mampat, hukum-hukum fisika biasa tidak berlaku dibagian dalamnya. Lebih lanjut lagi karena tidak ada yang bisa keluar dari lubang hitam, tidak ada percobaan yang bisa dilakukan untuk menguji berbagai teori mengenai cara kerja bagian dalamnya.

3. ADA BERAPA BANYAK DIMENSI DI ALAM SEMESTA , DAN BISAKAH KITA MENEMUKAN SEBUAH TEORI SEGALANYA...??
Teori fisika yang berusaha keluar dari Model Standar akhirnya menjelaskan jumlah dimensi seperti yang dijelaskan oleh “Teori Segalanya (Theory of Everything /TOE)” dan “Teori Penyatuan Akbar (Grand Unification Theory /GUT). Namun nama teori ini salah karena tidak sesuai dengan apa yang dijanjikannya. Dalam kenyataan nama-nama teori tersebut hanyalah istilah pelindung yang mengacu pada sebuah kesatuan interaksi yang sudah diketahui menjadi satu teori tunggal yang menyeluruh. GUT menyatukan ninteraksi elektro lemah dan interaksi elektro kuat, sedangkan TOE yang lebih berambisi tidak hanya mencakup interaksi elektro kuat dan elektro lemah tetapi juga interaksi gravitasi. Bahkan jika teori ini diciptakan, teori itu tak nyaris meramalkan akhir ilmu pengetahuan. Masih banyak masalah-masalah lain yang behadapan dengan ilmu pengetahuan, seperti halnya kematian Mark Twain, akhir dari ilmu pengetahuan yang disebabkan Teori Segalanya terlalu dibesar-besarkan.

4. APAKAH PERJALANAN WAKTU ITU MUNGKIN...??
Dalam pemikiran teoritis, perjalanan waktu dimungkinkan oleh teori relativitas umum Einstein. Akan tetapi manipulasinyang diperlukan pada lubang hitam dan kerabat teoritisnya yaitu lubang cacing, membutuhkan energi yang luar biasa yang pada dasarnya berada diluar jangkauan pengetahuan teknologi mutakhir kita.

5. AKANKAH GELOMBANG GRAVITASI BISA DIDETEKSI...??
Sejumlah observatorium sedang mencari bukti-bukti keberadaan gelombang gravitasi. Jika gelombang seperti itu ditemukan vibrasi dalam serat kecil ruang dan waktu akan menandakan kehancuran besar di alam semesta, seperti supernova, tumbukan lubang hitam atau peristiwa yang saat ini belum diramalkan.

6. BERAPA UMUR PROTON...??
Beberapa teori diluar Model Standar meramalkan luruhnya proton da sejumlah detektor telah dirancang untuk mendeteksi peluruhan itu. Meski belum ada proton yang terlihat luruh, batas terendah waktu paruh proton telah ditentukan sebesar 10³² tahun (lebih lama dari umur alam semesta). Bila detektor sensitif telah tersedia, peluruhan proton mungkin bisa diamati atau batas terendah waktu paruh proton bisa dinaikkan.

7. MUNGKINKAH SUPERKONDUKTOR SUHU TINGGI ITU ADA...??
Superkonduktivitas terjadi ketika hambatan listrik dari sebuah materi menjadi nol. Di bawah kondisi ini, sebuah arus listrik yang mengalir di dalam material terus mengalir tanpa kehilangan energi yang menyertai aliran arus normal dalam material seperti kawat tembaga. Gejala superkonduktivitas ini pertama kali didemontrasikan pada suhu yang sangat rendah (sedikit diatas suhu nol mutlak, -273®C atau -459®F). Pada tahun 1986, para peneliti bisa membuat materi menjadi superkonduktor din atas titik didih nitrogen (-196®C dan -320®F), komoditas yang sudah tersedia secara komersial. Selama mekanisme dasar gejala ini belum dipahami secara sempurna, penelitian terus berlanjut, dengan tujuan utama mencapai superkonduktivitas pada suhu ruangan, yang akan menurunkan kehilangan energi listrik.

8 komentar:

  1. Mantep gan ! Memang msalh2 diatas blm trjwb skrg, tp mungkin nanti dmasa depan :)

    ReplyDelete
  2. siipp..infonya, menambah wawasanku ...
    salam kenal yah..

    ReplyDelete
  3. agak susah juga mendapatkan bahan referensi utk masalah diatas ya... apalagi utk yg lubang hitam :) sepertinya blm pernah ada yg kembali setelah masuk ke lubang hitam.. jadi tak ada bisa dijadikan referensi :)
    Nice info

    ReplyDelete
  4. Jawaban menurut ajaran agama Islam, bisa dibaca pada http://islamagamauniversal.wordpress.com/2012/01/11/big-light-vs-big-bang-5/

    ReplyDelete
  5. memang sangat susah di pecahkan...

    ReplyDelete
  6. artikel yg luar biasa sangat bagus..
    saya tunggu artikel yang lebih luar biasa berikutnya :D


    #Salam Sehat

    ReplyDelete
  7. Jalan jalan dong ke blog ane gan :D

    http://aniezsakrats.blogspot.com/

    ReplyDelete